Objek 3: Literature Review Pada Objek Desain

 Kajian Seni Rupa Desain


Jurnal 1

Judul : Sajak Balsem untuk Gus Gus

Objek : Puisi

Pendekatan : Aspek - aspek yang ada pada puisi 

Analisis : Tentang bagaimana meneliti dan mencari aspek-aspek lain dalam sebuah puisi

Kesimpulan : Sajak Balsem untuk Gus Mus mempunyai relasi dengan objek diluar puisi yang jelas akan menghasilkan intepretasi dalam memahami makna puisi


Jurnal 2

Judul : Penanda dan petanda pada cerpen Anak Ke Hutan

Objek : Cerpen

Pendekatan : menguraikan makna pada cerpen secara deskriptif

Analisis : teknik-teknik pada pengumpulan data saat membaca cerpen 

Kesimpulan : Dalam sebuah karya sastra, jika dikaji menggunakan semiotika akan menghasilkan tanda dan penanda sekalipun mengkaji cerpen


Jurnal 3

Judul : Makna social meme #SAVETIANGLISTRIK

Objek : Meme di media sosial

Pendekatan : Pesan yang disampaikan pada sebuah meme di media sosial

Analisis : Bagaimana sebuah meme bisa memiliki makna dan pesan

Kesimpulan : Meme #SAVETIANGLISTRIK ini dimaknai sebagai sindiran dan ketidaksukaan kreator meme terhadap tokoh Setyo Novanto


Objek Desain : Pemilihan Warna pada desain



Pada sebuah desain banyak sekali aspek yang harus diperhatikan pada saat mendesain, salah satunya adalah warna, dalam dunia desain ada yang di sebut dengan "psikologi warna" dan "teori warna" yaitu tentang bagaimana sebuah warna dapat menciptakan / menimbulkan sebuah perasaan tertentu

Pada beberapa kasus, banyak desain yang memiliki nilai minus dalam aspek warna, contohnya saya beberapa tahun lalu, secara keseluruhan desain yang saya hasilkan sudah sangat sesuai dengan tema dan target yang client maksud-kan, tetapi desain ini menjadi kurang pas dan kurang enak untuk dilihat karena kesalahan pemilihan warna, hal ini mengakibatkan hilangnya kesan pada sebuah logo / desain tersebut.

Pendekatan : Deskriptif

Analisis : Pada teori warna, jika kita kaitkan dengan teori semiotika Ferdinand de Saussure,Penanda (signifier) dan petanda (signified) yang muncul adalah sebagai penanda itu pengalaman pribadi saya, dan sebagai petanda itu adalah teori warna dan psikologi warna

Kesimpulan : Warna merupakan sebuah aspek penting yang kadang suka disepelekan beberapa desainer, dengan memahami teori warna dan psikologi warna akan membuat desain yang dihasilkan menjadi lebih berbobot dan memiliki makna tersendiri, ini juga penting untuk pembuatan logo agar menghasilkan sebuah branding yang khas.



Comments

Popular posts from this blog

DEFINISI MITOS, METAFORA DAN METONIMI PADA OBJEK FILM "GUNDAA

Gelang Pemberian Mantan

LITERATURE REVIEW 20 JURNAL